P E N G U M U M A N

Nomor :  1604/PL4.6.1/TM/2021

TENTANG

TAHAP LANJUTAN

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU

POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

TAHUN AKADEMIK 2021/2022

 

JALUR SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2021

 

Berdasarkan pengumuman mahasiswa baru SNMPTN 2021 yang diunggah Website LTMPT dengan laman https://ltmpt.ac.id tanggal 22 Maret 2021, bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan memenuhi kualifikasi pada Politeknik Negeri Semarang (terlampir) wajib memperhatikan dan mengikuti tahapan sebagai berikut:

 

PENGIRIMAN DATA DUKUNG POTENSI EKONOMI (DDPE)

    1. Peserta yang memenuhi kualifikasi wajib mengirimkan dokumen Data Dukung Potensi Ekonomi (DDPE) sebagai dasar penentuan kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT 1 s/d UKT 8).
    2. Jadwal pengiriman  file  DDPE dimulai  dari  tanggal  22 Maret 2021  sampai  dengan  tanggal 24 Maret 2021 pukul 23.59 WIB.
    3. Peserta yang tidak mengirimkan DDPE sesuai waktu yang telah ditentukan maka peserta akan diberikan sanksi berupa pengenaan UKT tertinggi (UKT 8).
    4. Apabila setelah dilakukan verifikasi dan/atau klarifikasi dokumen oleh Politeknik Negeri Semarang terbukti terdapat dokumen yang palsu dan/atau tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya, maka peserta akan diberikan sanksi berupa pengenaan UKT tertinggi (UKT 8).
    5. Berdasarkan DDPE yang telah dikumpulkan dan diverifikasi calon mahasiswa baru dapat melihat kelompok UKT serta nilai rupiah yang harus dibayarkan (diumumkan pada tanggal 3 April 2021), melalui Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (SIMBA) Polines di laman https://pmb.polines.ac.id.
    6. Jenis DDPE yang harus dikirmkan dalam bentuk softcopy meliputi sebagai berikut:
      1. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) orangtua/wali yang masih berlaku;
      2. Fotokopi surat keterangan kematian orangtua (bagi yang orangtua telah meninggal);
      3. Fotokopi slip gaji ayah/wali (bagi yang ayah/walinya bekerja di sektor formal), atau
        ASLI surat keterangan penghasilan total orangtua/wali dari ketua RT yang diketahui ketua RW (bagi yang bekerja di sektor informal);
      4. Fotokopi slip gaji ibu (bagi yang ibunya bekerja di sektor formal);
      5. Fotokopi rekening listrik rumah/tempat tinggal orangtua/wali, tiga bulan terakhir;
      6. Fotokopi rekening telepon rumah/tempat tinggal orangtua/wali, tiga bulan terakhir;
      7. Fotokopi rekening air rumah/tempat tinggal orangtua/wali, tiga bulan terakhir;
      8. Fotokopi semua berkas Surat Pemberitahuan Pajak Terutang-Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT-PBB) tahun terakhir yang dimiliki;
      9. Fotokopi semua berkas STNK kendaraan bermotor yang dimiliki;
      10. Fotokopi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K)/Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/Kartu Keluarga Penerima Manfaat dan sejenisnya, atau ASLI Surat Keterangan Tidak Mampu dari Lurah/Kepala Desa setempat (bagi keluarga tidak mampu).
      11. Foto rumah tampak depan, tampak samping kiri dan kanan, ruang tamu, dapur, kamar mandi, foto jalan di depan rumah, dan foto keluarga didepan rumah.
    7. Semua dokumen tersebut pada nomor 6 disusun sesuai urutan, kemudian dipindai (scan) menjadi satu file berformat PDF dengan ketentuan:
      1. Resolusi scan   : 150 dpi, ukuran file maksimal 5 MB.
      2. Format nama file : Nomor-pendaftaran_Nama-Peserta.pdf(Contoh nama file    : 20002420269999_Ahmad-Sukarno.pdf)
      3. File tersebut selanjutnya dikirimkan melalui email ke:berkas.polines@gmail.com     dengan nama subyek    : Nomor-pendaftaran_Nama-Peserta.pdf (Contoh nama subyek   : 20002420269999_Ahmad-Sukarno.pdf)
      4. Waktu pengiriman 22 Maret 2021 sampai dengan 24 Maret 2021 jam 23.59 WIB.

JADWAL PENDAFTARAN ULANG DAN BESARAN UANG KULIAH TUNGGAL (UKT)

    1. Prosedur pendaftaran ulang dan besaran UKT akan diumumkan tanggal 3 April 2021 melalui laman PMB Polines.
    2. Calon mahasiswa yang mendaftar pada Jurusan Teknik Mesin dan Jurusan Teknik Elektro wajib melakukan tes buta warna pada puskesmas atau rumah sakit pemerintah dan mengunggah file scan hasil tes buta warna saat daftar ulang.
    3. Apabila hasil tes buta warna menunjukan bahwa calon mahasiswa baru dinyatakan buta warna parsial maupun total, maka dinyatakan tidak diterima.

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadikan perhatian.

 

Semarang, 22 Maret 2021

Direktur,

Ir.  S U P R I Y A D I,  M.T.

NIP195909061987031002

 

Tembusan:

  1. Para Wakil Direktur
  2. Para Ketua Jurusan

Berikut Link Download Lampiran Daftar Peserta SNMPTN yang Memenuhi Kualifikasi Pada Masing-masing Program Studi :

Pengumuman-SPMB-Polines-SNMPTN-2021.pdf (974 downloads)