FAQ / Seputar Pertanyaan SPMB

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)

Perbedaan dari masing-masing jalur di SPMB Polines yaitu :
SNMPTN
Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru secara nasional dengan sistem seleksi melalui portofolio nilai raport dan prestasi yang dimiliki baik prestasi akademik maupun non-akademik dan khusus untuk pilihan program studi Sarjana/Sarjana Terapan.
SNMPN
Jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru secara nasional dengan sistem seleksi melalui portofolio nilai raport dan prestasi yang dimiliki baik prestasi akademik maupun non-akademik dan khusus untuk pilihan program studi Diploma 3.
SPA
Jalur Seleksi Potensi Akademik (SPA) merupakan jalur penerimaan dengan sistem seleksi ujian tertulis, Pemilihan program studi akan dilakukan menggunakan nilai atau skor hasil ujian tertulis dimana masing-masing program studi mempunyai passing grade (nilai).
Kerjasama PT. MAJ
PT MAJ (Mekar Armada Jaya) merupakan salah satu perusahaan karoseri terbesar di Asia Tenggara, program studi yang dibuka pada kelas kerjasama Polines dengan PT MAJ ini adalah Program studi D3 – Teknik Mesin (Konsentrasi Design and Tool Making Engineering)
Kerjasama PT. PLN
Program penerimaan mahasiswa baru Diploma III Kelas Kerjasama PT. PLN (Persero) adalah program pendidikan DIII dengan persyaratan yang telah ditentukan, mahasiswa lulusannya dapat langsung mengikuti Diklat Prajabatan PT. PLN (Persero) sebagai prasyarat untuk diangkat menjadi pegawai PT. PLN (Persero).
SBMPTN
Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan jalur penerimaan dengan sistem seleksi ujian tertulis melalui Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK). Jalur ini dlaksanakan serentak secara nasional dan diikuti oleh seluruh perguruan Tinggi Negeri Se-Indonesia. Peserta dapat memilih program studi perguruan Tinggi seluruh Indonesia dengan program studi yang dapat dipilih jenjang Sarjana/Sarjana Terapan.
SBMPN
Jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) merupakan jalur penerimaan dengan sistem seleksi ujian tertulis. Jalur ini dlaksanakan serentak secara nasional dan diikuti oleh seluruh politeknik negeri se-Indonesia. Peserta dapat memilih program studi lintas politeknik negeri seluruh Indonesia dengan program studi yang dapat dipilih jenjang Diploma 3.
Ujian Mandiri
Jalur Ujian Mandiri (UM) merupakan jalur penerimaan dengan sistem seleksi ujian tertulis. Jalur ini dlaksanakan secara lokal oleh Politeknik Negeri Semarang. Peserta hanya dapat memilih jurusan dan program studi yang ada di Politeknik Negeri Semarang.
Jalur penerimaan di Politeknik Negeri Semarang (Polines) yang dapat memanfaatkan program pembiayaan KIP-Kuliah yaitu jalur : SNMPTN, SNMPN, SBMPTN, SBMPN, SPA, Hafidz, dan SMKPK.
Semua Berkas diunggah pada saat melakukan registrasi online TIDAK ADA berkas pendaftaran berupa berkas fisik / hardcopy yang dikirim ke Panitia.
id_IDIndonesian