Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (SIMBa)
SPMB Pendaftaran Jalur Kerjasama PT MAJ
JALUR
KERJASAMA POLINES DENGAN PT MEKAR ARMADA JAYA
TAHUN 2019

Ketentuan dan Persyaratan

Sekilas Tentang PT MAJ

PT Mekar Armada Jaya pertama kali didirikan sebagai bengkel rumahan pada 1974 dan kini berkembang sebagai salah satu perusahaan karoseri terbesar di Asia Tenggara. Selama lebih dari 40 tahun, perusahaan berkomitmen untuk terus berinovasi agar mampu memberikan layanan terbaik, tidak hanya bagi customer tetapijuga para karyawan dan lingkungan sekitar. Didukung dengan luas area produksi sekitar 33 hektar dan lebih dari 2.400orang pegawai, PT Mekar Armada Jaya terus berupaya menghadirkan kendaraan nyaman, berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Semangat pantang menyerah dan totalitas bekerja pun membuat PT Mekar Armada Jaya berhasil memproduksi lebih dari 1.000 unit kendaraan per bulan. Sesuai dengan slogan Pencipta Kendaraan yang Aman dan Nyaman, PT Mekar Armada Jaya akan terus memberikan layanan dan solusi terbaik bagi para mitra kerja sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing, Harapannya tentu saja, PT Mekar Armada Jaya akan semakin kokoh dan mampu menghadapi segala tantangan. Tak hanya itu, keberadaan PT Mekar Armada Jaya mampu berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Info tentang PT Mekar Armada Jaya dapat anda lihat di http://newarmada.co.id


Persyaratan Pendaftar

  1. Merupakan lulusan SMA/SMK/MA tahun 2018 atau yang akan lulus pada tahun 2019 dari program studi / program studi keahlian / kompetensi keahlian / paket keahlian sebagai berikut :
    • IPA/MIPA/MIA;
    • Teknik Pemesinan;
    • Teknik Pengelasan;
    • Teknik Fabrikasi Logam;
    • Teknik Pengecoran Logam;
    • Teknik Gambar Mesin;
    • Teknik Perbaikan Bodi Otomotif;
    • Teknik Kendaraan Ringan;
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  3. Merupakan kelahiran tahun 1999 atau sesudahnya, sesuai dengan Akte kelahiran
  4. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
  5. Sehat jasmani dan rohani, tidak Buta Warna (PENUH maupun PARSIAL), yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Buta Warna (SKTB) dari instansi kesehatan pemerintah
  6. Bebas Narkoba dan zat adiktif lain, dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)
  7. Berkelakuan baik dan berbudi luhur, serta tidak pernah dihukum penjara atau kurungan, dibuktikan dengan Surat Keterangan catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian
  8. Sanggup mematuhi peraturan akademik Politeknik Negeri Semarang

Catatan :
  • Berkas ASLI Surat Keterangan Tidak Buta Warna (SKTB), Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), Surat Keterangan catatan Kepolisian (SKCK) wajib diserahkan pada saat pemberkasan pendaftaran ulang bila pendaftar dinyatakan diterima.
  • Polines melakukan verifikasi terhadap SKTB, SKBN, dan SKCK (pada saat proses pemberkasan pendaftaran ulang).
    Bila pada saat dilakukan verifikasi ternyata peserta terbukti buta warna, mengkonsumsi narkoba, atau memiliki catatan kriminal, maka Polines berhak menggugurkan status kelulusan peserta.

Program Studi

Program studi yang dibuka pada jalur kerjasama Polines dengan PT MAJ adalah :
  • D3 - Teknik Mesin (Konsentrasi Design and Tool Making Engineering), dengan kuota sebanyak 24 Mahasiswa

Penyelenggaraan Pendidikan dan Lulusan

  • Penyelenggaraan pendidikan dilakukan di Polines dan di PT Mekar Armada Jaya
  • Pada semester 5, mahasiswa melakukan magang selama 6 bulan di PT MAJ Tambun Bekasi
  • 20 lulusan terbaik akan diangkat menjadi karyawan tetap PT Mekar Armada Jaya, sesuai persyaratan recruitmen PT MAJ

Uang Kuliah Tunggal (UKT)

  • Rp. 7.500.000,- /semester
  • PT Mekar Armada Jaya memberikan bantuan UKT dan Beasiswa kepada 20 mahasiswa terbaik yang memenuhi kualifikasi sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:
  • TAHUN
    SEMESTER
    BIAYA UKT
    IPK
    < 3.10
    3.10 - 3.50
    > 3.50
    1
    1
    Oleh Mahasiswa sebesar Rp. 7.500.000,-
    2
    2
    3
    Oleh Mahasiswa sebesar Rp. 7.500.000,-
    Oleh Mahasiswa sebesar Rp. 2.500.000,-
    Dibantu Oleh PT MAJ sebesar Rp. 5.000.000,- *)
    Mahasiswa Free
    Dibantu Oleh PT MAJ sebesar Rp. 7.500.000,- + BEASISWA *)
    4
    3
    5
    6
    *) Diberikan kepada 20 mahasiswa terbaik, berdasarka IPK, kedisiplinan, tidak memiliki nilai C, memiliki nilai mata kuliah keahlian lebih baik (Praktek perkakas/permesinan, mekanika teknik, gambar teknik, matematika, fisika memiliki nilai A) dengan perjanjian kontrak kerja antara mahasiswa dengan PT MAJ diketahui Polines.

Berkas Pendaftaran

  • File pas foto berwarna (resmi) terbaru.
    File format *.jpg dengan ukuran maksimum 100 KB (Ukuran 4x6 cm - Resolusi 150 dpi)
  • File Scan Surat Keterangan Kepala Sekolah (SKKS) bagi kelas XII atau file Scan ijazah atau fotokopi ijazah yang dilegalisasi kepala sekolah bagi yang sudah lulus
    File format *.pdf dengan ukuran maksimal 750 KB (Resolusi 150 dpi).
    Unduh Format SKKS
  • Semua Berkas diunggah pada saat melakukan registrasi online
  • TIDAK ADA berkas pendaftaran berupa berkas fisik / hardcopy yang dikirim ke Panitia

Biaya Pendaftaran

  • Biaya pendaftaran seleksi jalur Kerjasama PT MAJ adalah Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) dibayarkan di BNI 46 (melalui teller dengan menunjukkan Bukti Pendaftaran Online atau melalui Automatic Teller Machine (ATM) BNI atau dapat juga melalui Internet Banking BNI).
    *) Biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat dikembalikan. Unduh panduan / tata cara melakukan pembayaran melalui ATM / internet banking.

Materi Tes Akademik

    1. Matematika
    2. Fisika
    3. Bahasa Indonesia
    4. Bahasa Inggris

Materi Wawancara

    1. Integrity
    2. Intelegency
    3. Energy

Dibuka kembali Gelombang II melalui pilihan prodi di jalur UMPN

20 Mei - 13 Juni 2019 Pendaftaran Online 20 Mei - 13 Juni 2019 (sesuai dengan jam layanan Bank) Pembayaran Biaya Pendaftaran Oleh Panitia Verifikasi Data Pendaftaran 20 Juni - 22 Juni 2019 Cetak Kartu Peserta Tes 22 Juni 2019 (Rekayasa: 08.00 - 11.00) Ujian / Tes Tertulis 27 Juni 2019 Pengumuman Hasil Pemeringkatan (Memenuhi Kualifikasi) 1 Juli 2019 Tes Psikologi Bagi Peserta yang Memenuhi Kualifikasi 2 Juli 2019 Tes Wawancara Bagi Peserta yang Memenuhi Kualifikasi 4 Juli 2019 Pengumuman Lolos Test Wawancara 5 - 6 Juli 2019 Medical Check Up Bagi Peserta yang Memenuhi Kualifikasi

1 Maret - 11 April 2019 diperpanjang s.d. 20 April 2019 Pendaftaran Online 1 Maret - 11 April 2019 diperpanjang s.d. 20 April 2019 (sesuai jam layanan bank) Pembayaran Biaya Pendaftaran Oleh Panitia Verifikasi Data Pendaftaran 23 - 27 April 2019 diganti 25 - 28 April 2019 Cetak Kartu Peserta Tes 27 April 2019 diganti 28 April 2019 Ujian / Tes Akademik 30 April 2019 Pengumuman Hasil Pemeringkatan Tes Akademik 2 dan 3 Mei 2019 Tes Psikologi dan Wawancara bagi yang Memenuhi Kualifikasi 6 Mei 2019 Pengumuman Hasil Uji Kompetensi dan Wawancara 8 - 9 Mei 2019 Medical Check Up Bagi Pendaftar yang Memenuhi Kualifikasi 16 Mei 2019 Pengumuman Hasil Seleksi Akhir 20, 21, dan 22 Mei 2019 Pendaftaran Ulang 24 Mei 2019 Pengumuman Hasil Seleksi Akhir CADANGAN 27 dan 28 Mei 2019 Pendaftaran Ulang CADANGAN

Alur Pendaftaran
PROSEDUR PENDAFTARAN
Tahap 1 Pembukaan Aplikasi Pendaftaran Online
Panitia membuka aplikasi pendaftaran online melalui alamat http://pmb.polines.ac.id/maj
Tahap 2 Registrasi Online Jalur Kerjasama PT MAJ
Pendaftar melakukan registrasi online melalui laman http://pmb.polines.ac.id/maj
untuk registrasi awal, masukan nama, NISN, dan email (yang masih aktif dan dapat diakses oleh pendaftar).
  • Jika proses registrasi berhasil, maka Notifikasi Akun yang berisi aktifasi akun, username dan password akan dikirimkan oleh sistem melalui email yang telah Anda masukan untuk registrasi tersebut.
  • Jika pendaftar telah mempunya akun PMB pada jalur sebelumnya, maka tidak perlu melakukan registrasi akun kembali.
Aktifasi Akun Pendaftaran
Pendaftar membuka email yang telah diregistrasikan, dan mengecek notifikasi email dari POLINES yang berisi Aktifasi, Username, dan Password.
Pendaftar melakukan aktifasi akun telebih dahulu dengan menekan tombol "Aktifasi" yang ada pada notifikasi email tersebut.
  • Jika notifikasi email dari POLINES tidak ada pada kotak masuk (inbox), cek kembali pada kotak sampah, bulk, atau spam.

Pengisian Data Diri Pendaftar
Pendaftar melakukan login ke sistem spmb dengan menggunakan User dan Password yang telah dikirimkan ke email, kemudian mengisikan data diri dengan lengkap dan benar.
  • Jika pendaftar telah melakukan pendaftaran (dengan menggunakan akun pmb) pada jalur sebelumnya, maka data diri telah terisi dengan data yang telah difinalisasi pada jalur sebelumnya tersebut, dan pendaftar hanya melakukan penyimpanan data kelompok bidang uji dan program studi pilihan pada jalur kerjasama PT MAJ ini.

Finalisasi Data Pendaftar
Pendaftar memastikan data diri yang diisikan telah benar, dan melakukan Finalisasi terhadap data pendaftaran tersebut untuk mendapatkan PIN dan dapat mencetak bukti registrasi.
Cetak Bukti Registrasi
Pendaftar mencetak bukti registrasi sebagai bukti bahwa telah melakukan Finalisasi dan digunakan untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran di Bank yang telah ditunjuk.
Tahap 3 Pembayaran Biaya Pendaftaran
Pendaftar melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) di teller Bank BNI 46 dengan menunjukan PIN yang ada pada bukti pendaftaran online.
  • Uang yang sudah disetor tidak bisa dikembalikan.
  • Slip setoran / bukti pembayaran biaya pendaftaran dari BNI tidak perlu dikirimkan ke Panitia SPMB Polines
Tahap 4 Verifikasi Data Pendaftaran
Panitia melakukan verifikasi terhadap data pendaftaran online yang telah difinalisasi dan data pembayaran di Bank.
Tahap 5 Pengumuman Pendaftar Tidak Memenuhi Syarat
Panitia mengumumkan pendaftar yang tidak memenuhi syarat.
Tahap 6 Cetak Kartu Peserta Tes
Pendaftar yang dinyatakan Lolos Administrasi melakukan cetak kartu peserta secara online sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan cara login kembali dengan akun PMB pendaftar.
Tahap 7 Tes Akademik (Tertulis)
Pendaftar mengikuti tes akademik jalur kerjasama Polines dengan PT MAJ pada waktu dan tempat yang telah ditentukan dengan membawa :
  • Kartu peserta tes
  • Kartu Identitas diri
  • Peralatan tulis (bolpoin, pensil 2B, dan papan alas ujian)
Tahap 8 Seleksi dan Pemeringkatan
Panitia melakukan seleksi dan pemeringkatan terhadap hasil pemilihan prodi pendaftar.
Tahap 9 Pengumuman Hasil Pemeringkatan
Panitia mengumumkan hasil pemeringkatan melalui laman https://pmb.polines.ac.id.

Jurnal Pendaftaran Jalur Kerjasama Polines - PT MAJ
24 Mei 2019 | 17:47:39

JURNAL PENDAFTAR

NO



NAMA PRODI



PENDAFTAR
SUDAH FINALISASI
SUDAH MEMBAYAR
MEMENUHI SYARAT
TDK/BLM MEMENUHI SYARAT
1
D3 - Teknik Mesin
147
95
95
0
TOTAL
147
95
95
0

Registrasi Jalur Kerjasama Polines - PT MAJ
Perhatikan Perubahan Jadwal Pendaftaran dan Tes Akademik Jalur MAJ

Perhatian!
PENDAFTARAN JALUR KERJASAMA POLINES - PT MAJ SUDAH DITUTUP.
Pendaftaran dibuka pada tanggal 1 Maret 2019 s.d 20 April 2019.
Login

SEKRETARIAT SPMB
Gedung Kerjasama Lantai II
Politeknik Negeri Semarang

Jl. Prof. H. Soedarto, SH, Tembalang
Semarang, Jawa Tengah 50275
email pmb@polines.ac.id
telp 024 7473417, 7499585, 7499586 ext. 256
Fax 024 7472396
Pelayanan Informasi di Kampus (Sekretariat) Hari Senin - Jum'at, Pukul 09.00 - 15.00 (Sabtu/Minggu & Hari Besar Nasional : LIBUR)
MEDIA SOSIAL
#PolinesOfficial